Wednesday, November 25, 2009

FOSMALANG 165:ESQ Mengembalikan Fitrah Manusia


"Positif sekali, mungkin selama ini kita lalai, ada nilai-nilai kita yang lupa, karena kesibukan kita. Kecerdasan EQ dan SQ penting, karena kalau kita hanya cerdas intelektual percuma jika tidak dibarengi dengan EQ dan SQ," ungkap Rusdah selaku Kasubag Tata Usaha Dit. Pelabuhan dan Pengerukan, ketika ditemui di In House training ESQ Departemen Perhubungan di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Rabu-Kamis (18-19/11).

Training yang dipandu Muhlis Samsudin ini berjumlah 117 peserta. Training ESQ menggugah dan mampu mengubah kehidupan seseorang, karena pelatihan ini membawa kita menemukan makna kebahagiaan yang hakiki.

Sesungguhnya ada jenis kebahagiaan yang ketiga yaitu physical happiness, emotional happiness, dan spiritual happiness. Kebahagiaan spiritual adalah ketika seseorang mampu memaknai untuk apa mereka diciptakan, apa tujuan hidup mereka, dan mau kemana mereka kelak. Berbeda dengan physical & emotional happiness yang selalu ingin memperoleh, sedangkan spiritual happiness justru membuat seseorang ingin selalu memberi.

Mengelola ketiga modal tadi, diperlukan tiga jenis kecerdasan. Fungsi IQ adalah “What I think” (apa yang saya pikirkan) untuk mengelola kekayaan fisik atau materi; fungsi EQ adalah “What I feel” (apa yang saya rasakan) untuk mengelola Kekayaan Sosial; dan fungsi SQ adalah “Who am I” (siapa saya) untuk mengelola kekayaan spiritual. Training ini menggabungkan ketiga kecerdasan meraih kebahagiaan hakiki dan kehidupan bermakna.

Peserta, Djoko Sulaksono mengungkapkan, training ESQ ini menyadarkan diri kita dan harus bagaimana kita bersikap ke depan, terutama dalam menghadapi dinamika persoalan kehidupan.

“Saya bertekad kayak gini seperti battery, harus diisi kembali agar merefresh. Ini sangat penting buat semua pegawai, bagus sekali untuk terus digalakan, kalau perlu ini menjadi wajib untuk semua pegawai,” katanya yang juga sebagai Kepala Humas Ditjen Perhubungan Darat.

Giyanto Sumartono yang juga peserta ini mengatakan, Pelatihan EQ dan SQ penting sekali, karena membuat manusia kembali kepada fitrahnya. Dengan adanya ini berarti diingatkan kembali mengikuti aturan-aturan Allah SWT.

“Kita menginginkan suatu insan-insan di institusi ini baik pimpinan, karyawan, dan sebagainya mempunyai 7 budi utama,” katanya yang juga sebagai Dit. Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara.

Sebagai wujud nyata hasil training ESQ, diakhir penu¬tupan para peserta dari In House training ESQ Departemen Perhubungan memyumbang uang sebesar Rp. 1.455.500. Dana ini diwakafkan ke Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa untuk pembangunan Menara 165. (tino)

0 comments:

Post a Comment